minuman beer taoi bukan bir ????

Rootbeer : Minuman Beer Tapi Bukan Bir?

     Judul postingannya kok bikin galau? (read : membingungkan). Tapi dijamin isi postingannya gak membingungkan kok, kalau masih bingung berarti sobat kurang amal ibadah wehehee. Sebagaimana kita tahu, Indonesia sebagai negara islam yang penduduknya tentunya beragama islam dan karena sayapun juga orang islam (banyak bacot) pastinya dilarang untuk memakan dan meminum segala hal yang haram. Nah, disini saya mau membahas tentang rootbeer yang sebagian orang masih ragu untuk meminumnya karena status halal haramnya yang terkadang gak jelas. Langsung saja saya bahas tentang status si rootbeer. Monggoo . . .

     Awalnya saya tahu nama rootbeer dari iklan restoran A&W di koran. Gambarnya kok bikin saya terharu (waktu itu kalo gak salah lagi puasa) dan akhirnya saya pelototin selama 1 menit. Saya pikir enak juga minum gituan tapi kok namanya "beer" ya, jadi saya menyimpulkan pasti rootbeer itu haram. Beberapa minggu kemudian saya pergi ke Carrefour buat main Pump It Up di GameCenter dan karena bentar lagi maghrib saya pun nyoba beli minuman seger buat buka puasa. Awalnya niat beli pocari sweat buat temen (saya numpang minta) tapi kok saya lihat merk minuman rootbeer disebelahnya, akhirnya saya memutuskan buat lihat label kemasannya. Eh ternyata ada label halal-nya dari MUI. Setelah dilihat-lihat ternyata namanya Rootberry bukan Rootbeer. Akhirnya saya pun beli (mahal sih). Setelah dicoba ternyata rasanya itu beuuh, kayak odol atau pasta gigi. Tapi enak kok setelah lama-lama dirasain karena banyak busanya. Juga bikin tenggorokan saya jadi enteng. Maaf, saya numpang curhat.

     Ternyata Rootberry yang produksinya Mirinda itu sama saja dengan rootbeer. Karena ada tulisan rasa sarsaparilla. Mungkin diberi nama Rootberry soalnya kalo namanya Root"beer" mungkin MUI nggak akan ngasih label halal (Indonesia ada masalah kecil pasti diributin). Tapi sebenarnya rootbeer itu asli HALAL kok sob, jadi gak usah khawatir minum rootbeer bagi yang muslim.

     Rootbeer sendiri sebenarnya minuman yang terbuat dari sari akar tanaman sassafras atau buah sarsaparilla. Bahan tersebut diekstraksi lalu diambil airnya. Nah ini yang namanya Rootbeer yang asli. Namun jaman sekarang rootbeer kalengan biasanya hanya menambahkan ekstrak sarsaparilla dan dicampur dengan air, gula, dan bahan yang lain. Di Indonesia, minuman rootbeer kalah populer dengan minuman soda yang lain. Mungkin karena mayoritas orang masih ragu untuk mengonsumsinya karena ada label "beer" yang kurang meyakinkan, itu karena mereka masih belum tahu. Menurut saya karena rasa rootbeer masih kalah dengan rasa sprite kesayangan saya hehee. Brand rootbeer di Indonesia antara lain A&W, Mirinda, dan Pepsi.

     Jadi gimana? Masih ragu buat nentuin haram halalnya? Kalo masih ragu, lihat saja di kemasan minuman rootbeernya ada label halal apa nggak. Toh, yang dosa juga MUI kalo ngasih label halal ke barang haram. Atau coba tanya ke mbak-mbak yang di A&W rootbeer itu haram apa halal. Nggak usah pakai malu, buang jauh-jauh itu namanya gengsi. Karena dengan gengsi sobat nggak akan pernah bisa maju :D Ini gambar-gambarnya saya comot dari google gambar.

0 komentar:

Posting Komentar

gunakan kata - kata yang baik dan sopan .

CCTV